Kali ini Tekno Geo akan membahas konsep mobil keluaran nissan datsun yakni Datsun Redi-Go Mobil terbaru Datsun Redi-Go Indonesia Konsep
ternyata memakai suku cadang dan rancang bangun (platform) yang sama dengan
Renault Kwid. Hal itu menjadi mungkin karena dua mobil itu merupakan mobil yang
menggabungkan desain SUV dengan hatchback.
Seperti dilansir laman
Indianautosblog, Sabtu (23/5/2015), CEO Renault Nissan Alliance, Carlos Ghosn,
mengonfirmasi bahwa mobil Datsun Redi-Go akan diluncurkan di India pada awal
2016. Carlos menjelaskan mobil mungil itu memakai platform CMF-A, yakni
platform unik yang juga terdapat pada Renaul Kwid.
Meski baru meluncur 2016
mendatang, Carlos memastikan Datsun Redi-Go akan muncul dalam sejumlah pameran
otomotif. Namun ia menegaskan, Redi-Go yang dipamerkan adalah versi mobil
konsep yang kemungkinan akan terdapat perbedaan dengan versi produksi
massalnya.
Selain platform, mobil Datsun
Redi-Go dan Renault Kwid juga saling berbagi mesin yang sama. Artinya, mobil
mungil itu hanya akan dibekali mesin 800 cc tiga silinder. Mesin itu tentu
termasuk kecil karena mobil lain dengan dimensi yang sama sudah menggunakan
mesin lebih besar, setidaknya 900 cc hingga 1.000 cc.
Gerard Detourbet selaku Wakil
Kepala Pengembangan CMF-A membenarkan mesin 800 cc itu adalah mesin
konvensional yang belum mendapat sentuhan teknologi modern apapun. Mesin itu
dipasang pada Redi-Go untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.
Berbeda dengan mobil Datsun Go
hatchback dan Datsun Go+ di Indonesia yang hanya dilengkapi transmisi manual
lima percepatan, Redi-Go dikatakan akan dibekali transmisi otomatis.
Setelah lama menjadi bahan
perbincangan lantaran sering mejeng di sejumlah pameran otomotif berskala
internasional, Datsun Redi-Go akhirnya direncanakan meluncur pada 2016.
Kendati demikian, mobil yang juga
pernah diperkenalkan di ajang Indonesia International Motorcycle Show 2014,
September lalu, di Kemayoran, Jakarta ini rupanya bukan menjadi model ketiga
yang akan mengaspal di Indonesia.
Hal tersebut ditegaskan Indriani
Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia, saat acara penyerahan donasi buku
bertemakan Datsun Rising Hope di teater kecil, Taman Ismail Marzuki, Cikini,
Jakarta, Selasa 26 Mei 2015.
“Secara size-nya sulit, seperti
dengan Datsun Go, karena sama-sama lima seater (penumpang) dan dua baris.
Selain itu sama-sama hatchback, positioning sulit,” ujar Indriani.
Wanita yang akrab dipanggil Indri
ini juga menyatakan, jika spesifikasi Datsun Redi-Go tidak disesuaikan untuk
pasar Indonesia. Sebab, kata dia, mobil Redi-Go memang sengaja dibuat untuk
memenuhi konsumen di negeri Hindustan India, yang menginginkan mobil kecil.
“Di Indonesia, kebutuhan sebuah
mobil bisa dilihat dari bentuk yang cukup ruang, besar dan luas. Jadi, Redi-Go
tidak sesuai dengan Indonesia. Dari awal memang itu untuk di-development untuk
India,” ungkap Indri.
Sekadar informasi, Redi-Go
merupakan hasil pengembangan dari Datsun India yang memiliki wheelbase 2.340
mm. Mobil ini juga memiliki ground clearance (jarak tanah dengan kendaraan)
yang tinggi dengan sokongan velg 15 inci.
Dengan kapasitas lima penumpang,
mobil ini diklaim sanggup melibas jalan rusak. Berbagai medan pun diklaim bisa
dilahap mobil ini.
Secara desain, Redi-Go memiliki
grille khas Datsun D-Cut pada bagian depan. Lampu depan dibuat sedikit lancip,
plus lampu LED di bumper, sedangkan lampu belakang didesain lebih melekuk ke
sisi bodi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar