Minggu, 02 Agustus 2015

Datsun Redi Go Indonesia Konsep




http://teknogeo.blogspot.com/2015/08/datsun-redi-go-indonesia-konsep.html
Kali ini Tekno Geo akan membahas konsep mobil keluaran nissan datsun yakni Datsun Redi-Go Mobil terbaru Datsun Redi-Go Indonesia Konsep ternyata memakai suku cadang dan rancang bangun (platform) yang sama dengan Renault Kwid. Hal itu menjadi mungkin karena dua mobil itu merupakan mobil yang menggabungkan desain SUV dengan hatchback.

Seperti dilansir laman Indianautosblog, Sabtu (23/5/2015), CEO Renault Nissan Alliance, Carlos Ghosn, mengonfirmasi bahwa mobil Datsun Redi-Go akan diluncurkan di India pada awal 2016. Carlos menjelaskan mobil mungil itu memakai platform CMF-A, yakni platform unik yang juga terdapat pada Renaul Kwid.

Meski baru meluncur 2016 mendatang, Carlos memastikan Datsun Redi-Go akan muncul dalam sejumlah pameran otomotif. Namun ia menegaskan, Redi-Go yang dipamerkan adalah versi mobil konsep yang kemungkinan akan terdapat perbedaan dengan versi produksi massalnya.

Selain platform, mobil Datsun Redi-Go dan Renault Kwid juga saling berbagi mesin yang sama. Artinya, mobil mungil itu hanya akan dibekali mesin 800 cc tiga silinder. Mesin itu tentu termasuk kecil karena mobil lain dengan dimensi yang sama sudah menggunakan mesin lebih besar, setidaknya 900 cc hingga 1.000 cc.

Gerard Detourbet selaku Wakil Kepala Pengembangan CMF-A membenarkan mesin 800 cc itu adalah mesin konvensional yang belum mendapat sentuhan teknologi modern apapun. Mesin itu dipasang pada Redi-Go untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Berbeda dengan mobil Datsun Go hatchback dan Datsun Go+ di Indonesia yang hanya dilengkapi transmisi manual lima percepatan, Redi-Go dikatakan akan dibekali transmisi otomatis.

Setelah lama menjadi bahan perbincangan lantaran sering mejeng di sejumlah pameran otomotif berskala internasional, Datsun Redi-Go akhirnya direncanakan meluncur pada 2016.

Kendati demikian, mobil yang juga pernah diperkenalkan di ajang Indonesia International Motorcycle Show 2014, September lalu, di Kemayoran, Jakarta ini rupanya bukan menjadi model ketiga yang akan mengaspal di Indonesia.

Hal tersebut ditegaskan Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia, saat acara penyerahan donasi buku bertemakan Datsun Rising Hope di teater kecil, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, Selasa 26 Mei 2015.

“Secara size-nya sulit, seperti dengan Datsun Go, karena sama-sama lima seater (penumpang) dan dua baris. Selain itu sama-sama hatchback, positioning sulit,” ujar Indriani.

Wanita yang akrab dipanggil Indri ini juga menyatakan, jika spesifikasi Datsun Redi-Go tidak disesuaikan untuk pasar Indonesia. Sebab, kata dia, mobil Redi-Go memang sengaja dibuat untuk memenuhi konsumen di negeri Hindustan India, yang menginginkan mobil kecil.

“Di Indonesia, kebutuhan sebuah mobil bisa dilihat dari bentuk yang cukup ruang, besar dan luas. Jadi, Redi-Go tidak sesuai dengan Indonesia. Dari awal memang itu untuk di-development untuk India,” ungkap Indri.

Sekadar informasi, Redi-Go merupakan hasil pengembangan dari Datsun India yang memiliki wheelbase 2.340 mm. Mobil ini juga memiliki ground clearance (jarak tanah dengan kendaraan) yang tinggi dengan sokongan velg 15 inci.

Dengan kapasitas lima penumpang, mobil ini diklaim sanggup melibas jalan rusak. Berbagai medan pun diklaim bisa dilahap mobil ini.

Secara desain, Redi-Go memiliki grille khas Datsun D-Cut pada bagian depan. Lampu depan dibuat sedikit lancip, plus lampu LED di bumper, sedangkan lampu belakang didesain lebih melekuk ke sisi bodi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar